Tips Melamar Kerja Lewat Email

Melamar suatu pekerjaan adalah suatu yang sangat penting dan merupakan awal mula dari masa depan anda sehingga perlu kesempurnaan sehingga anda bisa menarik hati calon bos anda. Untuk itu diperlukan suatu Tips Melamar Kerja yang ampuh agar niat anda untuk bekerja di suatu perusahaan tersebut bisa tercapai. Maka dari itu disini saya akan memberikan kepada anda sedikit tips sekiranya bisa membantu anda dalam melamar pekerjaan.


Namun sebelumnya coba anda lihat terlebih dahulu Contoh Surat Lamaran Kerja agar anda mendapatkan wacana tentang bagaimana surat lamaran yang baik dan benar, dan langsung saja inilah Tips Melamar Pekerjaan vi Email yang bisa anda ketahui:


1. Judul Email


Judul email Anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Anda. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, Anda dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".


2. Dimana Surat Lamaran Ditulis?


Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di file tersendiri. Menurut teman saya yang bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, Anda dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Anda di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran Anda dengan baik. Pengalaman saya, tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya dituliskan di badan email.


3. Bagaimana dengan Resume?


Jangan menulis resume Anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda.


4. Word, PDF, atau Text?


Biasanya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan Anda untuk mengirimkan file berformat pdf. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume Anda dalam file MS Word (.doc).


File text (ekstension .txt) lebih baik tidak digunakan karena pada saat dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul di badan email. Ini terutama jika Anda menggunakan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.


5. Ukuran Email


Usahakan ukuran email Anda tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang Anda lampirkan. Jika Anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukuranya dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.


6. Email Signature


Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature ini bisa Anda program sendiri, atau bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.


Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya.


7. Test Kirim


Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, Anda juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran Anda, lengkap dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang Anda tuju. Kirim ke alamat email lain yang Anda punya. Jika Anda hanya mempunyai satu alamat email, Anda bisa membuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.


Itulah tadi sedikit Tips Melamar Kerja via Email yang semoga saja bisa membantu anda yang sedang mengalami stagnasi, semoga memberi inspirasi baru dalam melamar kerja dan akhirnya dengan surat lamaran yang bagus serta skill atau kemampuan yang sudah anda miliki nantinya anda bisa mendapatkan pekerjaan yang anda impikan.